Apple

Perbedaan Antara iphone 6s dan 6s plus


Berbarengan dengan peluncuran iPhone 6s, Apple secara resmi juga memperkenalkan iPhone 6s Plus. Sudah bisa ditebak, sama halnya iPhone 6s yang merupakan lanjutan dari iPhone 6, iPhone 6s Plus juga sengaja dihadirkan untuk menjadi lanjutan dari iPhone 6 Plus.Duet iPhone 6 kakak beradik itu memang sengaja diluncurkan untuk membidik dua segmen yang berbeda. lalu bagaimana dengan spesifikasi iPhone 6 dan iPhone 6 Plus ? keduanya memiliki spesifikasi yang hampir sama, namun tetap saja ada perbedaan antara iPhone 6 dan iPhone 6 Plus. Ada beberapa sektor yang menjadi pembeda keduanya, apa saja? simak review perbedaan iPhone 6 berikut ini:

  • Desain

Perbedaan Antara iphone 6s dan 6s plus1

Tidak ada perbedaan desain tampilan antara iPhone 6 Plus dengan iPhone 6s Plus. Begitu juga dengan dimensinya, iPhone 6 Plus berukuran 158.1 x 77.8 x 7.1mm, sedangkan iPhone 6s Plus158.2 x 77.9 x 7.3mm. Namun untuk bobotnya, iPhone 6s Plus lebih berat, yaitu dengan bobot 192 gram. Sedangkan iPhone 6 Plus berbobot 172 gram. Hal ini karena iPhone 6s Plus menggunakan bahan Aluminium Series 7000 yang diklaim lebih kuat dua kali lipat dari Aluminium Series 6000 yang digunakan pada iPhone 6 Plus.

  • 3D Touch

Perbedaan Antara iphone 6s dan 6s plus2

Ukuran layar iPhone 6s Plus masih sama dengan seri sebelumnya, yaitu 5,5 inchi. Begitu juga teknologi layarnya, masih sama, IPS LCD, Retina HD 1,920 x 1,080 (401 ppi).Hal baru yang dibawa iPhone 6s Plus yaitu  fitur 3D Touch yang disematkan pada layar iPhone 6s. 3D Touch merupakan pengembangan dari teknologi Force Touch yang adopsi pada jam tangan pintar Apple Watch, MacBook dan MacBook Pro Lines.3D Touch adalah teknologi layar yang mampu mengenali dan membedakan berapa besar tekanan yang menyentuh layar sentuh iPone 6S. Tiap beda tekanan, maka akan menghasilkan respon yang berbeda pula. Sehingga akan ada lebih banyak perintah pada layar, dari sekedar pich (cubit), swipe (usap), tap atau double tap.

  • Kamera

Perbedaan Antara iphone 6s dan 6s plus3

Sama halnya dengan iPhone 6s, di seri 6s Plus juga membawa peningkatan pada kekuaran kamera. Di mana kamera belakangnya sudah berresolusi 12 megapixels dengan kemampuan F2.0 lens, Focus Pixels, dual-LED flash – 4p video recording. Di mana kamera pada iPhone 6 Plus kamera belakangnya masih beresolusi 8 megapixel sensor dengan kemampuan F2.2 lens, Focus Pixels, dual-LED flash – 1080p video recording.Peningkatan juga terjadi pada kamera depan iPhone 6s Plus yang berresolusi 5 megapixel sensor, F2.0 lens, 1080p video recording. Sedangkan kamera depan iPhone 6 Plus beresolusi 1.2 megapixel sensor, F2.2 lens, 720p video recording.Tidak hanya itu, di iPhone 6s, Apple juga menghadirkan fitur kamera terbaru yang disebut dengan Live Photos. Dengan fitur ini memungkinkan kamera untuk merekam video selama 1 detik sebelum dan sesudah memotret objek foto. Yang kemudian dirangkum sehingga hasil foto terlihat lebih hidup. Mirip seperti tampilan ‘foto hidup’ pada film Harry Potter.

  • Touch ID 2.0
A customer holds an iPhone 6 (R) and iPhone 6 Plus at the Apple store on Fifth Avenue after the phones went on sale in New York in this file photo taken September 19, 2014.  Apple Inc said it sold a record 10 million iPhones in the first weekend after its new, larger phone models went on sale in 10 countries on Friday.  REUTERS/Adrees Latif/Files  (UNITED STATES - Tags: BUSINESS SCIENCE TECHNOLOGY TELECOMS)

A customer holds an iPhone 6 (R) and iPhone 6 Plus at the Apple store on Fifth Avenue after the phones went on sale in New York in this file photo taken September 19, 2014. Apple Inc said it sold a record 10 million iPhones in the first weekend after its new, larger phone models went on sale in 10 countries on Friday. REUTERS/Adrees Latif/Files (UNITED STATES – Tags: BUSINESS SCIENCE TECHNOLOGY TELECOMS)

Di iPhone 6s Plus, juga di iPhone 6s, Apple melakukan peningkatan kemampuan pada fitur Touch ID. Di mana diklaim lebih akurat dan responnya lebih cepat dibandingkan seri iPhone sebelumnya. Ini dirasa cukup penting melihat pemakaian alat pembayaran Apple Pay yang semakin banyak.

  • Prosesor & OS

Peningkatan signifikan juga dilakukan Apple pada dapur pacu iPhone 6s Plus. di seri terbarunya ini Apple membenamkan chip prosesor Apple A9. Sementara di iPhone 6 Plus menggunakan chip prosesor Apple A8. Di mana prosesor A9 diklaim lebih cepat 70% untuk kinerja at CPU dan 90% lebih cepat untuk kinerja grafis. Kemampuan prosesor iPhone 6s juga disokong OS

  • Memori Tetap

Di seri terbaru iPhone 6s Plus, Apple belum juga meningkatkan kapasitas memori terrendahnya, masih 16 GB. Meski juga disediakan pilihan kapasitas lainnya, 64 GB dan 128 GB. Hal ini masih sama dengan kapasitas memori iPhone 6 Plus. Termasuk belum juga tersedianya slot memori eksternal. Tampaknya Apple akan menawarkan layanan penyimpanan online miliknya, iCloud, sebagai solusi jika kehabisan kapasitas memori penyimpanan.

  • Baterai

Yang mungkin disayangkan, di iPhone 6s Plus, juga iPhone 6s, Apple masih saja belum ‘melirik’ teknologi fast charging dan wireless charging, Padahal kedua teknologi sudah banyak digunakan oleh vendor pesaingnya

 


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top