Asus

Cara Mengatasi Boot Loop Zenfone 5


Cara Mengatasi Boot Loop Zenfone 51

Bootloop adalah masalah yang paling ditakutkan oleh para pemilik smartphone khususnya android. Karena umumnya bootloop harus dibantu dengan menggunakan PC / Laptop untuk menyelesaikannya.Kalau perangkat smartphone android tiba-tiba macet itu sering disebut dengan Hang maka kalau perangkat smartphone tiba-tiba macet lalu merestart dengan sendirinya ini sering disebut BOOTLOOP. Masalah BOOTLOOP ini sendiri terbagi tiga jenis berdasarkan tingkatan masalahnya.

  • SOFT BOOTLOOP

Soft BOOTLOOP terjadi ketika smartphone android yang diaktifkan pada saat awal berjalan seperti biasa dan masuk ke homescreen, tetapi tidak lama berlalu tiba-tiba terjadi Hang kemudian smartphone merestart dengan sendirinya.

  • MEDIUM BOOTLOOP

Agak sedikit berbeda dengan jenis BOOTLOOP yang pertama, pada Medium BOOTLOOP saat perangkat smartphone android diaktifkan pada saat awal berjalan harusnya smartphone menuju homescreen namun yang terjadi perangkat android tidak bisa masuk ke homescreen melainkan hanya terhenti di bootanimation. Namun masih bisa masuk ke Recovery Mode maupun Download Mode.

  • HARD BOOTLOOP

Inilah jenis BOOTLOOP yang paling parah. Dimana pada kondisi Hard BOOTLOOP perangkat smartphone android ketika mulai diaktifkan hanya sampai di logo vendor saja tidak bisa masuk ke bagian Recovery Mode melainkan hanya bisa masuk pada bagian Download Mode saja.

Ketika jenis BOOTLOOP diatas sangat jarang terjadi. Namun umumnya BOOTLOOP bisa terjadi karena pada saat merubah atau mengutak-atik sistem pada perangkat smartphone android terjadi kesalahan . Tips untuk mengatasi masalah BOOTLOOP adalah dengan melakukan Factory Reset atau mengembalikan pengaturan pada smartphone android Anda ke pengaturan awal atau pabrik.berikut ini kami berikan informasinya sebagaimana yang kami kutip dari forum Asus.

Bahan yang harus disiapkan :

  1. Download dan install Intel Android Driver Setup
  2. Download Adb Driver
  3. Download Firmware Zenfone 5
  4. Download Recovery Image an disesuaikan dengan Firmware yang akan digunakan. Misalnya, kita akan menginstall firmware versi 2.20.40.13 WW [UL-ASUS_T00F-WW-2.20.40.13-user], maka file Recovery Image yang di download adalah 2.20.40.13_ww_recovery.img. Jika berbeda, maka prosesnya akan gagal.

Proses Flashing

  1. Mengingat saat terjadi Bootloop hanya sampai logo Asus, maka USB Debugging tidak perlu dipermasalahkan.
  2. Ekstrak file Adb Driver dalam satu folder beri nama Adb Driver.
  3. Copy file Recovery Image, misalnya 2.20.40.13_ww_recovery.img. Masukkan pada folder Adb Driver.
  4. Masukkan Firmware Zenfone 5 ke dalam folder Adb Driver.
  5. Buka Adb Folder,tekan tombol Shift + Klik Kanan, pilih menu Open Command Prompt Here.
  6. Nyalakan Zenfone 5 dan masuk ke Droid Boot (Fastboot) dengan cara tekan bersamaan tombol Volume Up + tombol Power dan tahan selama 4 detik.
  7. Setelah masuk ke Fastboot,ketik pada Command Prompt : fastboot flash recovery <file Recovery Image.img> lalu tekan Enter. Contoh : fastboot flash recovery 2.20.40.13_ww_recovery.img
  8. Setelah proses Recovery flash selesai,pilihlah menu Recovery Mode dengan cara tekan Volume Down sampai ketemu Recovery Mode lalu tekan tombol Power untuk memilih.
  9. Jika sudah Restart,akan muncul Gambar Robot Android dengan tulisan NO COMMAND, Tekan Volume Down + Tombol Power + Volume Up dan lepas Volume Up. Maka akan masuk ke Android System Recovery.
  10. Pilih menu Apply Update From ADB.
  11. Di Command Prompt,ketik adb devices hingga devices terdeteksi.
  12. Kemudian ketik adb sideload <file firmware>, lalu tekan enter. Untuk mempermudah, ganti saja nama UL-ASUS_T00F-WW-2.20.40.13-user.zip menjadi user.zip agar lebih singkat.Contoh : adb sideload user.zip.
  13. Tunggu sampai proses selesai 100% dan Zenfone akan restart sendiri.
  14. Proses ini bisa memakan waktu cukup lama, jadi bersabar saja hingga proses selesai.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top