Tips Trik

Cara Mempercepat Kinerja Android yang lambat


Cara Mempercepat Kinerja Android yang lambat1

Bagi pecinta android tentunya akan selalu menginginkan setiap ponsel android yang di gunakan selalu memiliki perfrma yang cukup mempuni tanpa terhalang adanya istilah ngelag ataupun lemot. Namun meskipun di rawat dengan baik setiap harinya, android akan memberikan kinerja yang terus menurun tanpa kita sadari.Untuk itu ada baiknya setiap memiliki perangkat android entah itu tablet maupun smartphone sebaiknaya rutin-rutinlah untuk tetap memeriksa performa yang di suguhkan dari perangkat terserbut. Nah untuk itu pastinya ada cara menigkatkan perrfomra android yang bisa kita gunakan di setiap kita ingin membuat android kita selalu dalam keadaan performa dan mempuni.Sejak awal kemunculannya, Android menjadi sistem operasi yang menyedot minat banyak orang. Karena berbagai keistimewaannya, saat ini penggunanya menjadi menjamur di seluruh dunia. Berbagai fitur unggulan dan kinerja yang cerdas memang menjadi keunggulan pada sistem operasi ini. Google pun terus memperbaiki kinerjanya dengan terus memperbaharui seri OS ini. Baru – baru ini yang sedang menjadi primadona adalah Android v.4.4 KitKat. Bahkan sudah disusul lagi dengan yang tercanggih, yakni Android Lollipop. Namun secerdas apapun OS yang digunakan, pada dasarnya kualitas perangkatnya sendiri cukup mempengaruhi. Berbeda vendor, tentu akan berbeda pula kualitas produk Androidnya. berikut ada beberapa cara meningkatkan performa android yang bisa kalian lakukan:

  • Simpan Instalasi Aplikasi atau Game di SD Card

Sebaiknya kita memang memakai jasa SD card untuk menyimpan instalasi aplikasi atau game pada Android. Hal ini mungkin akan menjadi salah satucara meningkatkan performa android yang ampuh. Menyimpan instalasi aplikasi atau game pada SD card (memori eksternal), akan membuat RAM atau memori internal mempunyai ruang lebih untuk “bernafas”. Secara otomatis akan memaksimalkan kinerjanya juga.

  • Lakukan Update Software

Kinerja Android yang kurang josss bisa diakibatkan banyak faktor. Termasuk software yang digunakan. Bisa jadi, software yang anda gunakan masih merupakan software versi lama yang belum mempunyai update dari sisi kinerja. Kalau begitu yang terjadi, jelas saja performa Android anda tidak maksimal. Jadi, cara meningkatkan performa android kali ini dengan melakukan update software.

  • Mengatur Penggunaan Data Latar Belakang

Aplikasi apa saja yang tertera pada background Android anda? Biasanya, yang akan tertera disana adalah Gmail, Facebook, Twitter atau BBM. Kalian yang hobi memajang banyak aplikasi pada background layar Androidnya, sebaiknya mulailah dikurangi. Aplikasi yang muncul terlalu banyak di background layar akan memakan ruang RAM karena akan bekerja setiap saat. Selain itu, juga akan menghabiskan daya baterai. Mengurangi jumlah aplikasi yang “nampang” pada background adalah cara meningkatkan performa android yang tepat, karena hal ini sama saja membantu Android anda untuk memiliki ruang yang lebih banyak. Operasional pun menjadi lebih baik.

  • Hapus Aplikasi yang Tidak Penting

Cara meningkatkan performa android yang pertama adalah berhubungan dengan hapus menghapus. Sebelumnya coba sekarang anda lihat smartphone Android anda. Ada berapa banyak aplikasi yang terinstall di dalamnya? Lalu mulailah memilih aplikasi mana saja yang sering anda gunakan dan mana yang tidak. Pastikan juga aplikasi bawaan dan aplikasi yang anda download di Google Play store bukan merupakan aplikasi yang sebenarnya punya fungsi yang sama. Terlalu banyak aplikasi akan memakan ruang juga sehingga kapasitas memori terus berkurang. Hal itu pasti membuat “otak” si Android menjadi lemah sehingga kinerjanya pun jauh dari kata prima. Selain memakan tempat, aplikasi yang terinstall juga akan memakan daya battery. Saya sarankan juga untuk tidak mengaktifkan aplikasi antivirus dan battery optimizer secara berlebihan. Daripada memilih aplikasi seperti itu, lebih baik memilih aplikasi task manajer untuk Android anda. Selain itu, kalian juga bisa memangkas aplikasi bawaan Android yang memang dirasa tidak pernah anda gunakan. Cara meningkatkan performa android dengan menghapus aplikasi ini akan membuat ruang penyimpanan lebih lega, sehingga meningkatkan kinerja Android.

Setiap hal mempunyai usia pakai. Begitu juga dengan cara meningkatkan performa android kali ini karena akan berhubungan dengan factory reset Android. Secara berkala, lakukanlah Factory reset pada sistem Android yang anda miliki. saya menyarankan untuk melakukan Factory Reset paling tidak tiga atau empat bulan sekali. Jalan ini akan membantu anda menghilangkan cache yang menumpuk pada Android kesayangan. Selain itu, Factory Reset akan membantu mengembalikan lagi performa Android anda. Catatan penting, lakukan backup data – data, pesan, kontak, serta aplikasi sebelum melakukan Factory Reset. Bagaimana? Apa kalian sudah pernah melakukan cara meningkatkan performa android dengan Factory Reset ini selama menggunakan Android?


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top