Tips Trik

3 Ciri untuk Membedakan Samsung Galaxy S6 Asli dengan Samsung Galaxy S6 palsu (KW)


Tak dipungkiri, produk-produk terbaru Samsung selalu ditunggu banyak orang. Begitu pun dengan Samsung Galaxy S6 yang merupakan series terbaru dari Samsung Galaxy. Sejak diperkenalkan dalam ajang Mobile World Congress 2015 di Barcelona awal Maret tahun lalu, peminat vendor asal Korea Selatan ini tak juga menyurut.kalau di Barcelona ada samsung asli,baru-baru ini di Amerika Serikat dijual versi tiruan dari Galaxy S6, smartphone terbaru Samsung, sudah beredar. Perangkat KW, istilah yang banyak digunakan untuk produk palsu, itu dikatakan sangat mirip dengan aslinya, bahkan sampai berhasil menipu reviewer profesional sekalipun.Sangat sulit untuk membedakan antara Samsung Galaxy S6 yang asli dengan KW alias tiruan alias palsu alias clone alias fake. Bagaimana tidak, kedua handset terbaru besutan perusahaan asal Korea Selatan yang tengah populer tersebut sangatlah mirip satu sama lain secara fisik maupun tampilan layarnya. Namun bagaimanapun pasti terdapat perbedaan antara keduanya apabila kita jeli untuk mengetahui detailnya masing-masing. Apa yang membedakan Samsung Galaxy S6 asli dengan KW ?

Membedakan Samsung Galaxy S6 Asli Dengan KW Melalui Info Hardware dan Bentuk Fisik

  • Melihat Info Hardware Samsung Galaxy S6

Untuk menghindari penjual yang nakal dan kekecewaan saat membeli sebuah handset baik itu smartphone ataupun tablet, alangkah baiknya sebelum kita memutuskan untuk membeli gadget tersebut setidaknya kita harus mengetahui spesifikasi teknis dasar dari gadget yang bersangkutan. Misalnya pada bahasan kali ini, kita akan membahas mengenai Samsung Galaxy S6 asli dan KW, seperti apa S6 yang asli dan seperti apa S6 yang KW atau palsu. Untuk melihat spesifikasi lengkap Samsung Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge, kita sudah membahas pada tulisan-tulisan sebelumnya.Secara garis besar, yang harus kita ketahui dari spesifikasi sebuah gadget dalam hal ini Samsung Galaxy S6 adalah prosesor, memori (RAM) dan kamera. Tiga hal utama tersebut mudah untuk diketahui dan antara S6 yang asli dan yang KW tidak akan sama alias pasti berbeda

  • Prosesor (CPU)

Samsung Galaxy S6 asli menggunakan prosesor Samsung Exynos 7420 Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 dan Quad-core 2.1 GHz Cortex-A57. Sebuah prosesor berkelas yang memiliki 8 core (octa-core) dengan kinerja yang sangat cepat guna mendukung komputasi mobile dalam hal ini smartphone. Sementara Samsung Galaxy S6 KW tidak mungkin untuk menggunakan prosesor jenis ini dikarenakan harga jual KW yang lebih rendah sehingga penggunaan hardware disesuaikan dengan ongkos produksi guna menekan harga jual.

  • Memori (RAM)

Samsung Galaxy S6 asli menggunakan RAM dengan physical memory sebesar 3GB. Memori ini biasanya terdeteksi sebagai usage memory yang kapasitasnya mendekati angka tersebut dan tertera pada hardware info dengan jelas. Sementara untuk Samsung Galaxy S6 KW, RAM yang digunakan tidak sampai 1 GB dan pada contoh ini RAM yang disunakan hanya 512MB atau setengah GB.

  • Kamera

Kamera adalah hal berikutnya yang membedakan Samsung Galaxy S6 asli dan KW. Pada Samsung Galaxy S6 yang asli, sensor kamera yang digunakan berukuran 16MP, sebuah kamera dengan resolusi tinggi yang mampu menghasilkan gambar kualitas HD. Kita dapat mengetahui informasi ini dengan cara mengakses Camera settings. Sementara pada Samsung Galaxy S6 KW, kamera yang digunakan tidak akan meyamai kapasitas ini dikarenakan alasan biaya produksi.

Perhatikan Tampilan Fisik Ponsel

Samsung Galaxy S6 Asli dengan Samsung Galaxy S6 palsu1

Sebenarnya jika jeli, Anda bisa membedakan Samsung Galaxy S6 yang asli dengan KW hanya dengan tampilan fisiknya saja. Samsung Galaxy S6 yang asli memiliki back cover yang terbuat daru kaca berkualitas tinggi sehingga tahan benturan dan goresan. Sementara untuk yang tiduran, material yang digunakan hanyalah bahan plastik biasa seperti pada smartphone entry level. Pada bagian belakang, terdapat LED flash di samping kamera. Jika yang asli memiliki warga yang agak putih, yang KW justru memiliki warna LED Flash yang cenderung lebih kuning.

 

 

Perhatikan Antarmuka Ponsel

Samsung Galaxy S6 Asli dengan Samsung Galaxy S6 palsu2

Sepintas tampilan/antarmuka antara asli dengan palsu sama. Namun, jika lebih diteliti ada perbedaan kualitas layar yang digunakan. Samsung Galaxy S6 asli menggunakan layar tipe super AMOLED dengan resolusi 1440 x 2560 pixels yang bisa menghasilkan gambar kualitas super jernih. Layar ini memiliki teknologi anti-aliasing yang baik. Cara melihatnya adalah dengan mengamati sudut sebuah objek yang memiliki radius sudut (sudut yang agak membulat) seperti pada icon yang tampil di layar.Semakin tinggi resolusi dan kualitas layar, maka matriks-matriks atau bintik-bintik piksel sebuah layar akan semakin tidak terlihat (lembut) dan pada layar kualitas rendah (KW), bintik-bintik piksel terlihat lebih nyata (kasar). Anda juga bisa menjajal dengan membuka beberapa aplikasi. Samsung Galaxy S6 mampu membuka aplikasi dengan sangat cepat dan tanpa jeda, sedangkan yang palsu memerlukan waktu.


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top